Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 24 Desember 2011

Gejala Penyebab dan Pencegahan Kanker Kulit

Gejala penyebab dan pencegahan kanker kulit menjadi hal yang penting untuk dimengerti sebagai antisipasi mencegah pertumbuhannya. Kanker kulit merupakan pertumbuhan sel kulit yang tidak normal yang sering terjadi pada area kulit yang terkena sinar matahari walaupun juga bisa terjadi pada setiap bagian manapun di kulit.
Tipe kanker kulit yang umum terjadi terbagi tiga macam, yaitu basal cell carcinoma, squamos cell carcinoma dan melanoma. Ketiga jenis kanker kulit ini merupakan kanker yang paling serius dan sering terjadi pada penderitanya.
Gejala penyebab dan pencegahan kanker kulit didahului oleh gejala-gejala tertentu yang bisa kita lihat. Terjadi luka kanker kulit secara tiba-tiba atau juga secara perlahan tergantung pada jenis kanker. Gejala pada setiap jenis adalah:
Basal cell carcinoma
Basal cell carcinoma merupakan sel kanker yang paling umum yang cukup mudah dalam melakukan perawatan. Basal cell carcinoma memiliki gejala :
~ Muncul benjolan licin atau mengkilap yang biasa muncul pada wajah, telinga atau leher.
~ Ada luka berupa robekan / pecahan yang biasanya berwarna coklat pada dada atau punggung tetapi tidak menonjol.
Squamous cell carcinoma
Jenis kanker Squamous cell carcinoma lebih mudah menyebar daripada basal cell carcinoma namun mudah dilakukan perawatan jika terdeteksi sejak dini.
Gejala atau tanda-tanda yang paling sering terjadi:
~ Adanya bercak noda merah pada wajah, telinga, leher, bibir, tangan atau lengan.
~ Timbul luka seperti kerak pada wajah, telinga, leher, tangan atau lengan
Melanoma
Kanker kulit yang paling serius dan berbahaya yang menimbulkan banyak kasus kematian. Kanker Melanoma dapat tumbuh di bagian tubuh manapun. Melanoma sering terjadi di kepala atau leher dan biasanya terjadi pada laki-laki, sedangkan pada wanita sering muncul di bagian lengan atau kaki.
Melanoma mempunyai gejala seperti:
~ Muncul benjolan mengkilap pada bagian tubuh dimana saja.
~ Terdapat noda coklat dengan bintik gelap. Ini bisa tumbuh di bagian manapun.
~ Timbul luka-luka kecil yang tidak biasa dan terdapat noda berwarna kemerahan, putih, biru atau biru-hitam pada bagian tubuh.
~ Terjadi luka berwarna hitam pada telapak tangan atau jari tangan, kaki dan telapak kaki atau pada membran mucus pada mulut, hidung, vagina dan bagian dubur.
~ Terjadi pada tahi lalat yang tiba-tiba berubah warna, ukuran atau berubah dalam bentuk apapun
Ada beberapa jenis kanker kulit lainnya:
- Kaposi sarcoma.
Terjadi pada pembuluh darah kulit dengan ciri-ciri membentuk noda kemerahan atau ungu di kulit atau membran mucus dan merupakan jenis kanker serius. Banyak menyerang pada orang yang mempunyai sistem imun yang lemah seperti pengidap AIDS. Bisa juga menyerang pada orang yang memakai obat penekan sistem imun misal pada orang yang menjalani transplantasi organ tubuh.
- Merkel cell carcinoma.
Kanker kulit Merkel cell carcinoma biasanya terjadi pada area kulit yang sering terkena sinar matahari. Berupa bintil yang mengkilap di atas atau di bawah permukaan kulit dan pada pori-pori rambut. Bintil ini dapat berwarna kemerahan, pink atau biru. Jenis ini jarang terjadi dengan ukuran berbeda-beda antara 6 mm sampai lebih dari 50 mm. Kanker kulit ini bisa tumbuh dengan cepat dan sering menyebar ke bagian tubuh lain.
- Sebaceous gland carcinoma.
Langka dan cukup cepat pertumbuhannya, timbul pada kelenjar minyak kulit. Kanker ini berupa noda yang keras dan tidak terasa sakit biasa terjadi pada kelopak mata dan bisa muncul di manapun.
Gejala penyebab dan pencegahan kanker kulit mesti diperhatikan serius. Kanker terjadi karena mutasi genetik pada sel-sel tubuh yang sehat dan terus tumbuh tanpa terkendali. Semakin besar dan berakumulasi sehingga membentuk tumor dan dapat menyebar keseluruh tubuh. Kanker kulit juga bisa disebabkan karena sinar ultra violet (UV) yang menyebabkan perubahan pada DNA sel kulit. Terdiri dari tiga gelombang sinar UV, yakni UVA, UVB dan UVC namun yang dapat mencapai permukaan bumi hanyalah sinar UVA dan UVB. Bisa juga kanker kulit disebabkan faktor keturunan, racun kimia dan pengobatan dengan radiasi.
Ada faktor-faktor yang meningkatkan resiko kanker kulit diantaranya:
• Terkena sinar matahari secara berlebihan atau iklim yang panas
• Pernah mengalami luka bakar akibat sinar matahari
• Warna kulit putih atau juga memiliki tahi lalat
• Luka kulit pra-kanker (actinic keratoses)
• Faktor keturunan dengan sejarah keluarga kanker kulit
• Sistem imun yang lemah
• Kulit dengan kondisi tertentu, seperti cedera/ terbakar
• Racun / zat kimia lingkungan
Gejala penyebab dan pencegahan kanker kulit memang penting dipahami. Pencegahan guna mengantisipasi harus dilakukan sedini mungkin.
• Hindari sinar matahari diantara pukul 10 – 16.
• Gunakan krim pelindung sinar matahari
• Berhati-hati dengan obat tertentu, seperti antibiotik, kolesterol, pil KB, obat yang bersifat nonsteroidal dan isotretinoin.
• Jaga kulit jangan terluka dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh selanjutnya kenali lebih dini  gejala penyebab dan pencegahan kanker kulit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar