Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 12 Maret 2012

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Bersisik

 
Jakarta, Kulit bersisik tidak hanya mengganggu penampilan seseorang, tapi bisa membuat orang menjadi frustasi, sensitif dan untuk kasus tertentu kadang menyakitkan. Apa penyebab kulit bersisik?
Kondisi kulit yang bersisik diakibatkan hilangnya lapisan luar kulit atau disebut dengan epidermis dalam jumlah besar dan membuatnya menjadi tidak elastis.
Ciri kulit yang bersisik umumnya kering dan rentan terkena masalah seperti eksim. Kondisi ini kadang membuat seseorang merasa gatal yang jika terus menerus digaruk dapat menyebabkan kulit teriritasi dan mengalami ruam.
Kulit bersisik umumnya ditandai dengan tampilan kasar, mengelupas, sensitif dan kemerahan. Ketika kondisi kulit sudah seperti itu, dilansir Mayo Clinic, Jumat (11/2/2011) maka ia tidak bisa lagi bekerja sebagai faktor pelindung.
Ada beberapa hal yang diketahui bisa menjadi penyebab kulit bersisik:
  1. Gizi yang buruk
  2. Kurangnya perawatan kulit misalnya menggunakan sabun yang keras atau krim kulit yang tidak tepat
  3. Untuk kaki bisa disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak pas sehingga menimbulkan sakit, infeksi jamur.
  4. Kulit bersisik juga sangat mungkin terjadi di musim dingin, karena angin yang muncul di musim dingin tidak bisa ditoleransi oleh kulit sehingga membentuk bercak seperti sisik di kulit.
  5. Selain itu bisa juga karena regenerasi lapisan kulit yang terlau cepat sehingga mengakibatkan kulit terkelupas dan bersisik.
Ketika diketahui memiliki kulit bersisik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu:
Menggosok kulit (scrub)
Basahi kulit yang bersisik, kemudian mulailah menggosoknya dengan lembut menggunakan spons atau sarung tangan exfoliating. Hal ini bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga mengelupaskan kulit dengan lembut.
Menggunakan pelembab kulit yang cocok
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit bersisik adalah menggunakan pelembab yang cocok dan memang dirancang untuk itu. Gunakan pelembab sambil dilakukan pemijatan sebelum tidur dan juga setelah selesai mandi.
Menggunakan minyak vitamin E
Minyak vitamin E diketahui bisa digunakan untuk berbagai masalah kaki, karena ia memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sel-sel kulit serta mendorong pertumbuhan membran sel kulit yang sehat. Sebagian dermatologis juga merekomendasikan penggunaan pelembab yang mengandung vitamin E sebagai bahan utama.
Menggunakan minyak zaitun
Perawatan menggunakan minyak zaitun merupakan cara yang mudah untuk mengembalikan elastisitas kulit dan menyembuhkan kulit bersisik, karena ia membantu mempertahankan kelembaban. Cara penggunaannya bisa dicampur dengan minyak vitamin E lalu dioleskan ke kulit yang bersisik.
Meningkatkan asupan air
Kurangnya asupan air bisa membuat kulit kering yang dapat memicu kulit bersisik dan kusam. Untuk itu pastikan tubuh mendapat asupan air yang cukup sehingga kelembabannya tetap terjaga.

Sumber http://indonews.org

Untuk mendapatkan informasi lain seputar kulit silahkan cari informasi tersebut di website ini. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar